RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 222
Sekolah Praktikum : SD Negeri 03
Mulyakencana
Mata Pelajaran : Kelas IV
Bahasa Indonesia /
Karangan sederhana
Kelas V IPA / Gaya Grafitasi
Kelas / Semester : IV / II
V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
Hari/Tanggal :
Selasa, 25 Oktober 2011
A. Standar kompetensi
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk karangan sederhana.
Kelas V (IPA)
·
Memahami hubungan antara gaya,
gerak. dan energi, serta fungsinya
B. Kompetensi dasar
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
· Menyusun karangan tentang berbagai topik
sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf kapital, tanda titik, koma, dll).
Kelas V (IPA)
·
Mendeskripsikan hubungan antara
gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya
magnet)
C. Tujuan pembelajaran
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
· Siswa dapat menyusun karangan tentang
berbagai topik sederhana berdasarkan rangkaian gambar.
Kelas V (IPA)
·
Mengidentifikasi arah tarikan
gaya gravitasi bumi, melalui pengamatan.
·
Melakukan kegiatan untuk mengetahui
kecepatan jatuh dua buah benda (
yang berbeda berat, bentuk,dan ukuran) dan ketingian tertentu.
D. Indikaor
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
· Mengamati rangkaian gambar.
· Menyusun kerangka karangan.
· Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan
yang padu.
Kelas V (IPA)
·
Membandingkan kecepatan jatuh
dua buah benda (yang berbeda berat, bentuk, dan dan ukuran) dan ketinggian.
·
Menyimpulkan bahwa gaya
gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
·
Memprediksi seandainya gaya
gravitasi di bumi tidak ada.
E. Materi
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
·
Karangan berdasarkan gambar seri
Kelas V (IPA)
·
Gaya Grafitasi
F. Metode pembelajaran
· Ceramah
· Pemberian tugas
G. Kegiatan pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
Kelas IV dan V
·
Mengkondisikan
siswa menjadi beberapa kelompok sesuai tingkatan kelas
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Membagi
lembar tugas kepada siswa
2. Inti (55 menit)
Kelas IV (Bahasa Indonesia)
· Guru memajang gambar seri dipapan tulis
· Siswa mengamati rangkaian gambar dengan
cermat dan teliti.
· Siswa memberi keterangan/maksud
masing-masing gambar tersebut.
· Siswa membuat kerangka karangan dengan
cara memberi perincian terhadap keterangan yang telah ditulisnya.
· Siswa mengembangkan kerangka karangan
menjadi karangan yang padu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
· Mengembangkan keterangan yang ada di bawah
gambar nomor 1, 2, 3, dan 4 menjadi kalimat utama.
· Mengembangkan kalimat utama pada nomor 1,
2, 3, dan 4 menjadi paragraf.
· Memberi judul yang sesuai.
· Memperhatikan penggunaan ejaan dalam
karangan.
Kelas V (IPA)
·
Guru memajang gambar astronot
di papan tulis
·
Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang materi yang disapaikan
·
Siswa melakukan kegiatan untuk
mengetahui perbandingan kecepatan jatuhnya dua benda yang berbeda beratnya.
·
Siswa mengamati kegiatan yang
dilakukan kelompok lain di depan kelas
·
Siswa
diminta melaporkan hasil kerjanya secara tertulis
·
Memberi kesimpulan
3. Penutup (5 menit)
·
Guru memberikan kata-kata
pujian kepada siswa atas keaktifannya dan kesungguhannya dalam proses belajar.
·
Mengerjakan Tes Evaluasi
·
Memberikan Pekerjaan Ruman (PR)
H. Alat dan sumber
Kelas IV
·
Sumber
: Standar Isi, Buku Bahasa Indonesia kelas 4
·
Alat
: Gambar Seri
Kelas V
·
Sumber : Standar Isi, Buku IPA
kelas V 5B
·
Alat : Gambar Asronot
Kelereng, bulu ayam, 2 buah kursi.
I. Penilaian
·
Pemberian
tugas
·
Produk
·
Unjuk
kerja
Tulang Bawang Tengah,
25 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN 03 Mulyakencana Mahasiswa
BUDIYONO, S.
Pd. MUJIONO
NIP. 196406041986031013 NIM.
820639184